A little teaser for AISEF’s story

Hai! Apa kabar? Hopefully all of you are happy in the moment 🙂

Saya juga sedang sangat happy! Kenapa? Karena saya baru saja mendapatkan satu lagi pengalaman hidup yang nggak akan pernah tergantikan! Saya baru saja menyelesaikan program pertukaran budaya yang diadakan oleh AYFN (ASEAN Youth Friendship Network) di Chiang Mai University, Thailand.

Program ini berbeda dengan beberapa program pertukaran budaya lainnya. Program ini sifatnya  santai dan nggak terlalu formal, tapi tetap rapih dan terjadwal dengan baik! Selama satu minggu, kami belajar untuk memahami budaya Thailand, khususnya kota Chiang Mai. Kami belajar bahasa Thailand level basic, menarikan tarian Lanna khas Chiang Mai, memasak makanan Thailand, Thailand’s tourism, dan lain-lain. Batch kami, April 2013, agak berbeda dengan batch sebelumnya, karena kami kebagian Songkran Festival! Wiiih, apa tuh Songkran Festival? Siapa yang sudah pernah nonton Bangkok Traffic Love Story? Kalau udah pernah, coba diingat-ingat adegan cewek pemeran utama main tembak-tembakan air di jalanan bareng warga. Nah, iya! Songkran Festival ini adalah festival air yang dirayakan oleh warga Thailand untuk menyambut tahun baru mereka. Festival airnya lebih mirip dengan perang watergun di tengah kota! hihi.

Kami, para peserta, juga dapat beberapa Thai buddies yang selalu mendampingi kami selama di kota Chiang Mai. Walau hanya seminggu, kedekatan para peserta dengan para buddies sudah begitu eratnya. Kami semua sampai nggak bisa menahan tangis waktu akhirnya pisah sama mereka untuk pulang ke Indonesia.

Buat kamu yang belum tau tentang program ini, apalagi anak ITB (soalnya saya anak ITB yang pertama kali ikutan acara ini), ayo silahkan dicari informasinya di http://ayfnhq.org. Di sana kamu bisa tau program apa aja yang lagi diadakan, karena biasanya setiap bulan selalu ada program pertukaran budaya yang menarik di negara-negara ASEAN seperti Thailand, Vietnam, Filipina, dan Malaysia. Rencananya program ini juga bakal expand wilayah lagi sampai ke Kamboja dan Myanmar! hihi seru kan? Buat yang punya twitter, bisa follow @ayfnhq supaya update!

Saya akan banyak berbagi mengenai pengalaman saya selama mengikuti program ini, mulai dari singgah ke Negeri Jiran, program di Chiang Mai, hingga backpacking ke Bangkok. Bertahap mungkin, soalnya kepanjangan kalau semuanya saya tulis dalam satu post. Harap bersabar ya 🙂

Sementara itu, silahkan dinikmati teaser foto-foto saya selama di sana! 😀

IMG_9027

IMG_9079

IMG_9360

IMG_9383

IMG_9369

IMG_9564

IMG_9570

IMG_9663

IMG_9754

IMG_9735

IMG_1656

IMG_0719

IMG_0460

IMG_0148

 

all photos taken by me, copyright 2013.

 

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s